Jumat, 27 Februari 2009

BERLINDUNG DI BALIK PAYUNG FANTASI


Kepada Para Calvinis dan para murid Pdt. Stephen Tong

Teologi Reformed/Calvinis saya samakan dengan judul lagu “Payung Fantasi” yang dinyanyikan dengan nuansa Jazz yang kental oleh Shelomita and Opustre Big Band, liriknya adalah sebagai berikut:

Lenggang menorak menarik hati serentak Hei hei siapa dia

Wajah sembunyi di balik payung fantasi Hei hei siapa dia

Payung Fantasi arah ke mana dituju hei hei tunggu dulu

Bolehkah aku melihat sari wajahmu, bolehkan sayang?

Siapa gerangan dinda, bidadari dari surga

Ataukah burung kenari membawa harapan pelipur hati

Payung Fantasi menempeli sinar pagi hei hei cantik dia

Boleh kupandang wajahmu secantik bintang bolehkah kupandang?

Siapakah gerangan pula cend’rawasih dari bola

Ataukah si bintang siang pembawa pelipur rasa bahagia

Ketika membaca judul lagu ini, angan saya melayang memikirkan Teologi Reformed/Calvinis, saya tersentak dengan kata Payung Fantasi, seorang yang menganut Teologi Reformed/Calvinis bagaikan seseorang yang berlindung di balik Payung Fantasi. Karena “Payung Fantasi” maka orang yang berpegang teguh pada Teologi Reformed/Calvinis bagaikan percaya pada Filsafat Logis yang kait-mengait namun TIDAK BENAR pada kenyataannya karena menabrak ayat-ayat Alkitab dan mengabaikan ayat-ayat Alkitab serta menafsirkan secara salah ayat-ayat Alkitab yang lain, sehingga tidak menghasilkan harmonisasi dan satu penafsiran yang utuh dan benar dari semua ayat-ayat Alkitab.

Lewis Sperry Chafer, pendiri dan Rektor pertama Dallas Theological Seminary, salah seorang yang sangat merasa dari 5 point Calvinisme yang disebut TULIP, point ke-3 yaitu Limited Atonement adalah salah satu dari 5 poin Calvinisme yang paling sulit untuk dipertahankan sehingga banyak dari mereka membuang poin ini dan menjadi Four-points Calvinist, karena terlalu sulit bagi mereka untuk melawan terlalu banyak ayat Alkitab yang menyatakan bahwa Yesus Kristus menebus dosa semua manusia.

komentar saya di beberapa milist yang tidak diapprove oleh Moderator milist “M” (beberapa milister bertanya dan meminta penjelasan, saya menjawab namun tidak diapprove, saya menyadari itu hak moderator)

Btw Jika anda TAHU KEBENARAN, anda dituntut juga untuk Hidup dalam KEBENARAN dan Mengajarkan KEBENARAN. Salam. Trims. I Have a Dream nya Martin Luther King Jr, sudah lumayan terpenuhi di USA apalagi Obama udah jadi Presiden. GBU Fren.

Saya mengikuti Seminar2 Calvinist yg diadakan MRII Yogja dan terlibat aktif dalam diskusi dan tanya jawab pada sesi pertanyaan, mulai dari Predestinasi, Amilenium, baptisan Bayi, dll. cukup banyak sumber di Internet dan buku2 Momentum yg bisa saya baca dan koleksi.

Dulu percaya TULIP, berasal dari gereja yg termasuk Pemuja Pak Tong (meski bukan GRII), lalu berubah percaya hanya point 1&5, lalu cuma percaya Point 5, lalu MENOLAK SEMUANYA setelah merasa diyakinkan dengan apa yg Alkitab ajarkan berbeda dari yg diajarkan para CALVINIS meskipun sama2 mengutip Ayat2 Alkitab yg dianggap mendukung pandangan CALVINIS. John CALVIN tidak pernah mengajarkan dan tidak pernah percaya LIMITED ATONEMENT berdasarkan kutipan Langsung Norman L Geisler dari buku John Calvin. jadi ngapain susah2 percaya TULIP kalo point 3 sudah TIDAK ALKITABIAH. kan TULIP itu rantai, kalo buang 1, putuslah semua. Gitu z kok repot.

Dr. Norman L. Geisler, sang Apologet, sudah memaparkan dengan sangat baik mengapa dia menolak 5 point TULIP yg TIDAK ALKITABIAH baginya.

saya bergumul cukup lama dengan KALVINISME, karena saya tahu ada orang2 Kristen yg hidupnya juga Menjadi berkat dan Tulus Hati. Namun coba pikir, jika suatu hari anda bisa diyakinkan bahwa KALVINISME baik Predestinasi ala John Calvin dan TULIP ala Para CALVINIS, ternyata TIDAK BENAR. apa yg bisa anda simpulkan?

Saya setuju dengan Dr. Laurence M. Vance, dalam bukunya THE OTHER SIDE of CALVINISM setebal hampir 800 halaman, bahwa KALVINISME adalah BIDAT TERBESAR sepanjang sejarah Gereja, karena hampir semua jenis aliran gereja tersusupi paham KALVINISME. Bayangkan ??? hampir semua gereja sudah tersusupi paham KALVINISME dan katakan ternyata SALAH TOTAL, gimana???

Wow bagi saya ini sungguh2 mencengangkan dan sangat mengkhawatirkan, dulu saya termasuk kategori yg setuju dengan kata orang2, TEOLOGI REFORMED/CALVINIS pasti Alkitabiah, kalo bukan Reformed/Calvinis berarti pasti tidak Alkitabiah, weleh2 nekad juga orang2/Teolog yg berkata sperti ini.

Kaum Baptis di USA juga disusupi paham2 Calvinisme, padahal secara Teologi sebenarnya jauh berbeda.

kepada teman2 di milist Sayap CALVINIS, mohon bersabar, sampai point TULIP selesai semua dibahas di milist ini atau bisa dibaca di blog saya (www.kristenfundamental.co.cc, www.dedewijaya.co.c, www.dedewijaya.blogspot.com).

Mari bagi teman2, baca saja dulu sajian CALVINISME dari kami, kalo perlu tonton dan download di YOUTUBE, 9 Video Apologet, Dr. Norman L Geisler tt “WHY I AM NOT A 5 Point TULIP CALVINISM” di http://www.youtube.com/watch?v=d9n_NUoslp0 ada 9 seri.

Mohon email2 saya di Approve sama Moderator, supaya tidak mis, kirain saya tidak menjawab pertanyaan email2 teman2.

Makin hari makin belajar Teologi & Alkitab, saya makin takut dengan pengajaran2 gereja2 hari2 ini,

www.kristenfundamental.co.cc

————————————————————————————–

For a brief assessment of Reformed theology, see

George W. Zeller, The Dangers of Reformed Theology (Middletown: The Middletown Bible Church, n.d.);

for a major critique, see

Good, Are Baptists Reformed?

The Other Side of Calvinism, Laurence M. Vance, Pensacola: Vance Publications, 2002

What Love Is This? Calvinism’s Misrepresentation of God, Dave Hunt, Sisters: Loyal Publishing, Inc., 2002

(istri Dave Hunt mengusulkan judul What Love Is This? Sedangkan tadinya Dave Hunt berpikir untuk memberi judul Calvinism’s Misrepresentation of God)

Chosen but Free, Norman L. Geisler.

Why I am Not Calvinist?

http://lionofjudah.tribulationforces.com/questionable/calvinism.html

for a comprehensive analysis of Covenant theology, see

Renald E. Showers, There Really is a Difference (Bellmawr: The Friends of Israel Gospel Ministry, 1990).

AMSAL 23:23Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga dengan hikmat, didikan dan pengertian.

www.kristenfundamental.co.cc (memuat 25 artikel Doktrinal/Pengajaran Fundamental)

http://kristen-fundamental.blogspot.com (memuat 25 artikel Doktrinal/Pengajaran Fundamental)

www.wayoflife.org (Ribuan Artikel) dikelola DR. David Cloud

www.graphe-ministry.org (Website GBIA GRAPHE, bisa download JURNAL TEOLOGI BULETIN PEDANG ROH terbaru, dikelola oleh Gembala GBIA Graphe Suhento Liauw, D.R.E., Th.D dan putra beliau, DR. Steven Einstain Liauw, D.R.E. (Dekan Akademik Graphe International Theological Seminary = GITS atau STT Graphe, satu-satunya STT Fundamental dan paling Alkitabiah yang saya tahu hingga saat ini), pembicara seminar spesialisasi DOKTRIN, anda bisa membeli dan mempelajari buku-buku beliau dari web atau langsung datang ke gereja dan TB GRAPHE di Sunter Podomoro, JAKUT atau memesan via website, berikan juga komentar anda di Buku Tamu/Guest Book di website)

Sumber: http://dedewijaya.blog.friendster.com/2009/02/berlindung-di-balik-payung-fantasi/

Tidak ada komentar: