Selasa, 17 Februari 2009

SEJARAH KALVINIS--SEBELUM J. CALVIN

Pengajaran kalvinisme tidak dimulai oleh John Calvin, tetapi telah ada sebelumnya. Calvin sendiri mendapatkan teologinya dari Agustinus. Hal ini diakui oleh para penganut Kalvinisme sendiri. Oleh karena itu, para penganut Kalvinis berusaha untuk membuat citra Augustine menjadi sebaik mungkin.

a. "Salah satu pikiran theologis dan filosofis yang Allah pernah berikan pada gerejaNya." (Talbot dan Crampton)
b. "Orang Kristen terhebat sejak masa Perjanjian Baru." (Alexander Souter)
c. Dia pernah masuk mazhab manichaens, yang menekankan asketikisme, hidup selibat, dan vegetarianisme. Pengaruh mazhab ini masih terasa di hidup Augustine selanjutnya
d. Ketika tinggal di kota Milan, Augustine bertobat dan masuk Kristen. Dia belakangan pindah ke Hippo (Afrika), dan menjadi uskup di sana.
e. Dalam theologinya, Augustine sangat dipengaruhi oleh filosofi Plato, yang menekankan ke- universal-an.
f. Augustine bukan hanya dianggap sebagai bapa dari Kalvinisme, tetapi juga bapa dari Katolik, Dia adalah salah satu dari empat orang Doktor Gereja mereka yang yang paling utama.
g. Augustine mengajarkan bahwa baptisan itu menyelamatkan. Dia mendukung baptisan bayi dengan sepenuh hati. Ia mengatakan bayi yang tidak sempat dibaptis akan masuk ke dalam suatu tempat yaitu LIMBO (purgatori) ini adalah doktrin jadi-jadian dari Augustinus.
h. Augustinus mengajarkan adanya konsep Purgatori yang sama sekali tidak ada dasar alkitabnya.
i. Augustine percaya bahwa kitab-kitab apokripha sebagai Firman Tuhan. Inilah sebabnya dia disebut bapak Katolik
j. Doktrin gerejanya Augustine menekankan gereja universal yang kelihatan, sehingga membuka jalan bagi Roma Katolik untuk berjaya.
k. Augustine menganggap hubungan seksual sebagai suatu yang kotor, dan adalah dosa untuk berhubungan seksual kecuali untuk tujuan menghasilkan keturunan. Itulah sebabnya Katolik melarang pengikutnya memakai alat kontrasepsi karena tujuan melakukan hubungan seksual itu memang untuk memiliki keturunan jadi tidak boleh memakai kontrasepsi.
l. Augustine mendirikan sistem sakramen dengan mengatakan, bahwa sakramen adalah bukti yang kelihatan dari kasih karunia yang tidak kelihatan. Ia menambah penahbisan, pernikahan, dan lain-lainnya sebagai bagian dari sakramen.
m. Dalam penafsiran Alkitab, Augustine mengikuti penafsiran alegoris
n. Dalam eskatologi, Augustine, melalui bukunya City of God, mengajarkan Amilenialisme. Kadang-kadang dia juga mengajarkan post melenialisme
o. Augustine adalah tokoh yang paling bertanggung jawab atas keputusan untuk menganiaya mereka yang di anggap sebagai kelompok sesat. Dalam zamannya, Augustine mendukung penuh penganiayaan terhadap kelompok Donatis. Ketika ia kalah debat dengan kelompok Donatis ia mengusulkan kepada Theodutus agar setiap orang yang sesat dihukum dengan alasan: membela kebenaran dengan Argumentasi itu baik, tetapi Donatis itu masih kanak-kanak jadi harus dianiaya dulu supaya mereka masuk gereja yang benar, setelah itu mereka (Donatis) berterimakasih (seperti anak kecil yang dipaksa minum obat). Ini sudah menjadi ajaran Iblis untuk memaksa orang lain untuk mengakui dan menganut fahamnya dengan paksa, sekalipun ajaran itu tidak masuk akal atau bertentangan dengan akal sehat manusia.
p. Tidak heran, dia dipanggil sebagai bapa Khatolik, karena hampir semua doktrin Katolik dapat ditelusuri kembali ke Augustine.
q. Dia juga mengajarkan bahwa manusia telah ditentukan dari semula untuk masuk surga atau masuk neraka. Walaupun demikian, Agustine sendiri tidak terlalu mantap dalam hal apakah seseorang yang telah lahir baru masih dapat terhilang?
r. Doktrin Pemilihan atau Predestinasi Augustine, tersusun semakin rapi ketika dia berdebat dengan Pelagius yang memang pengajarannya sesat dengan mengajarkan, bahwa keselamatan itu melalui usaha manusia.
s. Sangat mengherankan, orang yang sesat seperti Augustinus, dapat dianggap sebagai seseorang yang luar biasa ortodoks, bahkan sebagai “pencetus Reformasi.” Semua hanya karena Augustine merupakan pencetus teori-teori Calvin. Kalau Augustine dapat sesat dalam kebanyakan doktrinnya, maka doktrin tentang predetinasi patut dicurigai?
t. Augustinus mengakui Maria itu perawan seumur hidup.

Sumber: http://gbiasemarang.blogspot.com/2009/01/sejarah-kalvinis-sebelum-j-calvin.html

Tidak ada komentar: