Senin, 14 September 2009

APA ITU FUNDAMENTALISM?

Bahan dari buletin “Sword Of The Lord”

1. Apa itu Fundamentalism?

Sederhana sekali. Mereka adalah kelompok Kristen Perjanjian Baru sebelum timbul paham yang mengutak-atik kebenaran mendasar dari Alkitab. Mereka adalah orang-orang yang memegang teguh Alkitab sebagai satu-satunya firman Tuhan yang tiada salah, yang memuliakan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Mereka hidup di dalam dunia ini, tapi tidak mengikuti sifat dan kebiasan duniawi, dan hidupnya hanya bergantung penuh kepada Firman Tuhan.

2. Apakah mereka kelompok Baptis?

Kebanyakan adalah kelompok Baptis, dan sejarah awalnya memang demikian, sebab Baptis memiliki sejarah yang berdiri teguh di atas Firman Tuhan dan adalah orang-orang yang sungguh-sungguh mencintai kebenaran Alkitab.

3. Apakah semua kelompok Baptis adalah kaum fundamentalis?

Sayangnya tidak demikian. Beberapa kelompok Baptis telah meninggalkan pengajaran Alkitab yang fundamental dan telah berubah menjadi liberal, modernis, kaum injili baru, ortodoks baru dan berbagai ragam lain.

4. Dapatkah seseorang disebut fundamentalis tanpa menjadi anggota kelompok Baptis?

Oh ya! Dr. Bob Jones, Sr. salah seorang penginjil besar dari kelompok Metodis dan tidak diragukan adalah seorang Fundamentalis. Billy Sunday, juga seorang penginjil besar, dari Presbiterian, adalah seorang Fundamentalis. Carl McIntyre tokoh Presbiterian yang sangat memegang teguh kebenaran Alkitab adalah fundamentalis. Seorang teman, Don Mc-Knight yang telah kembali ke surga, dari Metodis independen adalah seorang fundamentalis sejati. Semua mereka ini adalah tokoh-tokoh fundamentalis yang saling terikat satu dengan yang lain, bersama dengan tokoh-tokoh fundamentalis lain yang berasal dari denominasi mereka sebelumnya. Akan tetapi kebanyakan kelompok fundamentalis dari kelompok Baptis.

5. Apakah karismatik fundamentalis?

Tidak! karismatik adalah karismatik! Sebab kalau mereka fundamentalis, mereka tidak akan melibatkan diri dalam praktek-praktek yang salah dari karismatik itu sendiri, karena paham, pengajaran dan praktek mereka sangat bertolak belakang dengan Alkitab.

6. Dapatkah seorang fundamentalis boleh tetap berada di dalam sebuah denominasi yang telah berubah menjadi liberal?

Untuk tetap berada pada sebuah denominasi dimana pengajaran dasar-dasar Alkitab sudah bertentangan dengan Alkitab, saudara berdiri pada posisi berkompromi dengan pengajaran dunia; Kelompok fundamentalis sangat teguh mempraktekkan pengajaran Alkitab dan apa yang dikatakan di dalamnya. Jadi seorang fundamentalis, sesuai dengan pengakuan dan praktek hidupnya, tidak akan berkompromi, dan akan memisahkan diri dari kelompok liberalism, modernism dan dari pengajaran atau doktrin-doktrin yang salah yang sudah bertentangan dengan Alkitab.

7. Tapi ada beberapa kelompok yang sangat konservatif dengan tradisi denominasinya. Apakah kita tidak bisa bersekutu dengan mereka?

Seperti halnya kelompok konservatif Southern Baptis Convention SBC), sebagai contoh. Mereka tidak sama seperti kelompok fundamentalis independen. Sebab, kebanyakan dari mereka menghindar atau merasa malu kalau di sebut fundamentalis.

Ciri-ciri kelompok fundamentalis; mereka dengan tegas memisahkan diri, separasi (separate), dari kelompok liberalism dan menolak di identifikasi serupa dengan kaum liberal.

Kelompok konservatif mengatakan ia bukan liberal, tapi selalu memberi ruang bagi kelompok liberalism untuk bersekutu bersama-sama. Bagi seorang fundamentalis, liberalism adalah musuh, bukan sahabat yang bisa bergaul bersama-sama.

8. Apa yang kita katakan, sebagai konservatif dalam sebuah badan liberal yang mencoba mengambil kontrol?

Kelompok SBC telah melakukan kemajuan pada beberapa tahun ini, dengan mengendalikan kontrol atas denominasi mereka, namun, itu merupakan suatu kesalahan fatal sebagai rencana permainan mereka. Mereka telah dipenuhi oleh pengajaran yang penuh kompromi yang bertentangan dengan keutuhan doktrin Alkitab. Salah seorang Presiden SBC mengatakan beberapa waktu yang lalu, bahwa, satu dari sekolah-sekolah mereka telah memiliki fakultas yang liberal, dan mereka setidak-tidaknya juga harus mempunyai paham konservatif pada departemen yang sama sehigga bisa menjadi seimbang. Ini merupakan pengajaran campuran atau berkompromi. Dan hal ini merupakan suatu kebodohan yang akan menjadi seperti torpedo yang menghancurkan sistem mereka.

Sebelum anda memberi perpuluhan pada sebuah gereja, anda harus periksa lebih dahulu perpuluhan itu, jangan-jangan dipakai untuk mendukung kegiatan atau doktrin yang salah!

9. Bukankah ada banyak orang baik di dalam kelompok ini?

Memang hal itu tidak diragukan. Ada banyak orang dalam kelompok SBC yang mengasihi Tuhan, tapi kemudian mereka berkhianat dan masih tetap disitu dalam jumlah yang besar.

Uang yang dipersembahkan di dalam gereja, tidak boleh samar-samar atau kontroversi kemana uang itu digunakan. Setiap sen yang diserahkan kepada gereja lokal, harus digunakan dengan tepat untuk pekerjaan memenangkan jiwa yang Alkitabiah.

Bukan karena seseorang yang sifatnya baik atau lulusan dari sekolah tinggi teologia sehingga otomatis anda perlu membantu keuangannya. Patut diselidiki apakah ia memegang teguh doktrin yang Alkitabiah? Apakah ia memenangkan jiwa? Apakah kegiatannya sungguh-sungguh membantu jemaat Alkitabiah sebagai tubuh Kristus? Kalau ia tidak berada pada posisi ini, tidak patut kita mendukungnya!

10. Bagaimana kita yakin akan hal ini?

Gereja independen menjaring dan memilih secara ketat pekerja-pekerja, hamba Tuhan yang akan di utus untuk memulai sebuah jemaat. Tugas dari seorang gembala, bekerja keras membentuk pekerja-pekerja yang akan diutus. Sebuah gereja lokal harus menjadi tempat atau pusat kegiatan penginjilan yang harus mengkontrol ketat keuangannya supaya tugas utama penginjilan ini betul-betul tepat sasaran.

11. Apakah akan timbul banyak masalah yang menghalangi bagi jemaat lokal yang independen?

Ya benar, tapi bagi gereja-gereja yang independen anggota jemaat lokal memutuskan sendiri dengan tepat setiap masalah yang timbul tanpa ribut-ribut. Anda tidak perlu mendukung orang yang tidak potensial (bed egg) selama bertahun-tahun kalau anda yakin karakter orangnya tidak benar (menjadi batu sandungan dalam kesaksian hidupnya. Anda harus segera menarik dukungan ini, sebab telur busuk tidak bisa menjadi omelet yang indah. Seandainya anda menemukan sebuah telur busuk, sebaiknya cepat anda sisihkan untuk tidak diolah menjadi menu sarapan pagi. Amin?

12. Apakah terdapat masalah dalam sistem ini?

Kadang-kadang beberapa teman sekerja terlalu kritis sehingga mereka kehilangan pandangan yang realitas, tapi itu hanya merupakan hal yang tidak terlalu berarti . Cara yang baik adalah berdirilah teguh pada doktrin yang benar, dan tidak boleh ada perbantahan. Di dalam masalah doktrinal, tidak boleh ada voting! Harus dengan tegas dipisahkan, disatu tangan kita pegang teguh separasi; di tangan yang lain, program utama kita, giat memenangkan jiwa! Sangkakala di tangan kiri dan pedang di tangan kanan (Nehemia 4:18).

13. Mengapa beberapa saudara-saudara kita yang independen tidak memiliki program seperti ini sebagai tujuan utamanya?

Beberapa dari kita tidak memenangkan jiwa (gunakan sangkakala) hanya karena mencari jalan yang gampang. Kesempatan yang paling mudah adalah hanya siap di tempat dengan mengeluh dan berkeluh kesah daripada pergi keluar dan tetap disana sampai mereka memenangkan seseorang bagi Kristus. Beberapa lagi tidak mengambil sikap berdiri, siap menggunakan pedang (firman Tuhan), melawan musuh, karena kita ingin menjadi serupa dan berjalan bersama-sama dengan siapa saja (kompromi).

Diperlukan pengakuan teguh dan keberanian untuk melakukan kedua-duanya.

Gereja Perjanjian Baru berada dibawah perintah (Amanat Agung) untuk melakukan kedua-duanya. Tidak boleh tidak kita harus melakukan itu! Tujuan ini telah ditetapkan oleh Alkitab, bukan karena beberapa orang ahli atau melalui suatu pilihan atau berdasarkan mode terakhir yang muncul.

14. Isu besar apa yang menonjol dari fundamentalis yang membuat kelompok ini berbeda dari kelompok yang lain?

Satu-satunya adalah Alkitab! Kaum fundamental terbungkus erat oleh Alkitab, pertama-tama, karena mereka selalu menguji segala sesuatu (1 Tesalonika 5:21).

Segala sesuatu harus diuji di atas mandat Alkitabiah. Cara berpikir, perilaku, sikap muka, motivasi, pilihan tempat berlibur, jenis pekerjaan, pembentukan keluarga, memilih teman hidup, memilih gereja, tempat bidang pelayanan, segala sesuatu dan semuanya. Kalau Alkitab memberi kita petunjuk, kita harus serius memperhatikannya dan menaruh perhatian dengan sungguh untuk melakukannya

14. Mengapa kelompok fundamentalis menempatkan Alkitab di atas segala-galanya?

Karena mereka memiliki keyakinan tanpa ragu sedikitpun bahwa Alkitab adalah ilham Allah, sempurna tiada salah, Firman Allah yang dipelihara Tuhan sendiri. Melihat dari sudut pandang ini maka kita menerimanya sebagai otoritas tertinggi bagi kehidupan kita.

15. Apa sebabnya kelompok fundamental bermusuhan dengan kelompok yang menamakan diri “the Promise Keepers”?

Promise Keepers berkompromi dengan perbedaan doktrin dan mencederai Injil untuk mempersatukan setiap orang. Ini adalah bentuk dan sifat yang dibuat manusia dimana kelompok fundamental tidak akan pernah mendukungnya. Kelompok fundamentalis tidak akan pernah setuju meninggalkan satu bagian tulisan Alkitab yang bertentangan dengan kelompok apapun yang ada hari ini. Gerakan ekumenical ini sangat besar dan intensif sekali.

16. Apakah kelompok fundamentalis tidak mengasihi?

Begitulah pandangan mereka yang tidak menyukai kelompok ini. Tapi kenyataan yang timbul setelah penelitian … membuktikan bahwa itu adalah tuduhan yang salah.

Kaum fundamentalis ‘tidak mengasihi” terhadap dosa, melawan kompromi, melawan habis-habisan terhadap Iblis. Alkitab mengajarkan, “Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu” (1 Yoh 2:15). Jadi benar kalau kelompok fundamentalis tidak mengasihi dalam konteks ini.

Sebaliknya fundamentalis adalah kelompok orang-orang di dunia ini yang paling mengasihi. Mereka percaya “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia telah mengaruniakasn Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”.(Yohanes 3:16); “Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi” (Yohanes 13:35). Berjalan dengan kekuatan, fundamental, gereja yang memenangkan jiwa, hampir di setiap penjuru dunia, sehingga anda akan terheran-heran atas apa yang anda saksikan. Di dalam berbagai hal, gereja menjangkau mereka yang kaya dan miskin, tua muda, hitam dan putih. Di dalam banyak hal anda akan menemukan persekutuan yang hangat, yang menjangkau orang-orang dimana saja mereka berada, apapun keadaan mereka.

17. Tapi bukankah kelompok ini kadang-kadang berselisih satu dengan yang lain?

Memang benar. Di dalam ketidak-dewasaan, mereka berselisih untuk hal-hal yang tidak ada gunanya. Kadang hal itu perlu, tapi tidak selalu terjadi.

18. Kapan saatnya memulai pertengkaran?

Baik! Katakanlah, ada waktu menjadi rewel, ada waktu untuk bertengkar, ada waktu untuk berperang, juga ada waktu untuk meninggal. Jangan menjadi seorang martir disebabkan karena rewel atau cerewet, dan jangan rewel karena masalah hidup dan mati.

Mengetahui kapan rewel, kapan memulai pertengkaran, atau mungkin lebih dari itu, sampai harus berkelahi. Anda perlu yakin atas diri sendiri untuk dapat mengatasi suatu masalah sebelum terjebak lebih dalam. Jangan bingung, tapi dalam hal apa saja jangan ragu memutuskan sesuatu sekalipun konsekwensinya harus pisah dengan sahabat atau orang yang sudah sangat dekat dengan kita. Ketika DR John R. Rice dan tokoh-tokoh fundamental pada waktu itu keluar dari Southern Baptist Convention (SBC), betapa sedihnya harus meninggalkan lembaga itu dan teman-teman akrab mereka disana. Namun karena SBC mulai berubah dalam pengajaran doktrinal, maka mereka memutuskan HARUS meninggalkan lembaga itu. Inilah konsekwensi dari setiap orang yang mencintai kebenaran dan tetap berpegang teguh kepada Alkitab sebagai satu-satunya Firman Tuhan. Kalau anda diperhadapkan pada situasi seperti ini, apakah anda siap memutuskan, walau harus membayar harga dengan mahal? Tuhan mengasihi dan memelihara orang-orang yang setia mempertahankan kebenaran firman-Nya

19. Mengapa kita semua tidak bisa menjadi satu keluarga besar yang bahagia?

Kaum fundamentalis dapat seperti itu di antara sesama mereka. Tapi dalam hal “menjalin kesatuan (unity)” kita selalu harus berdiri di atas dasar kebenaran Firman Tuhan. Jikalau tidak, kita tidak bisa melakukan itu. Hanya inilah pilihan satu-satunya, atau KOMPROMI!

20. Apakah itu artinya akan terjadi banyak perpecahan?

Ini bukan berarti perpecahan! Kita harus memisahkan diri dari Katolik. Kita harus memisahkan diri dari sekte (cults) seperti Mormon, Saksi Yehova, Adventis, Amstrongism, Karismatik dan masih banyak lagi. Kita harus memisahkan diri dari kelompok denominasi yang mendukung doktrin liberal dan modernism.

Hal ini terjadi karena pemisahan gereja merupakan satu keharusan (Johanes 14:23,24; Yohanes 16:13; 17:14-19; 2 Korintus 6:14-18).

21. Tolong dijelaskan disini difinisi pemisahan gereja bagi saudara-saudara kita, anggota dari sebuah jemaat lokal.

Baik. Yang pertama, doktrin separasi gereja (church separation) adalah doktrin dari Alkitab (2 Korintus 6:14-18). Yang kedua, separasi terdiri dari dua sisi; pribadi dan gereja. Dari sisi pribadi, itu berhubungan sangat erat dengan gaya hidup kita, bagaimana kita berjalan. Anda harus memisahkan diri dari cara hidup dan praktek duniawi. Itulah sebabnya kita menyebutkan, tidak minum alkohol (padahal rata-rata orang Amerika minum), tidak merokok, tidak berdansa, berpakaian harus sopan, mengeluarkan kata-kata kotor, artinya memisahkan diri kita dari jalan duniawi. Dengan anda memisahkan diri dari sifat duniawi ini, maka anda memisahkan diri kepada dan untuk Tuhan. Itu artinya kita melakukan cara hidup kristen dalam semua hal, menjadi pancaran berkat bagi setiap orang yang dekat dengan kita.

22. Bagi beberapa orang, pemisahan gereja ini begitu sulit untuk dilakukan. Sahabat mereka dari Karismatik, yang lain dari Katolik, padahal mereka ingin tetap bersahabat dengan mereka?

Tidak ada hukum atau siapapun yang melarang kita bersahabat dengan setiap orang. Tapi untuk hadir pada pertemuan kebaktian mereka, TIDAK! Mengizinkan mereka untuk berb icara di dalam kebaktian kita? Tidak dibenarkan sama sekali! Mengadakan pertemuan bersama di suatu tempat dimana kita diberi kesempatan bicara bergantian dengan mereka, atau menjalin kerja sama untuk suatu program, sama sekali tidak dibenarkan.

23. Apakah ini masalah besar?

Ini bukan hal besar kecil suatu masalah, tapi bagi orang-orang yang cinta kebenaran Alkitab, tidak bisa menempatkan diri dalam posisi seperti di atas atau yang kelihatannya mendukung program dari doktrin yang salah.

Tujuan suatu proyek atau acara harus “jelas” untuk dilakukan berdasarkan Alkitab!

24. Siapakah yang bertanggung jawab mengawasi semua hal ini di dalam gereja lokal?

Yang terutama, ini adalah tugas “Gembala” yang selalu mengawasi dari “atas mimbar” Dialah yang mengawasi kegiatan gereja dan memperhatikan keberadaan jemaatnya dan setiap program gereja karena dialah pemimpin yang bertanggung jawab untuk semua itu.

25. Apakah kelompok fundamentalis adalah orang-orang milik kepunyaan Tuhan pada abad atau di tahun 2009 ini?

Ya, kami (kelompok fundamenta) adalah sisa-sisa orang percaya yang telapak kakinya terpatri dari peninggalan para rasul dan orang percaya abad pertama yang setia kepada Juruselamat dan, firman-Nya.

Kami tetap percaya, apa dan siapapun mereka, anak-anak Tuhan tetap memiliki sifat-sifat seperti ini dan melakukan segala sesuatu susuai kebenaran Alkitab hingga hari ini.

1 komentar:

diskusi mengatakan...

orang fundamentalis adalah orang yang setia dengan pengajaran para Rasul, tapi kok ajarannya jauh dari ajaran para rasul. coba baca buku2 dari para bapa gereja perdana.dalam kisah para rasul disebutkan ,mereka setiap hari bersekutu dan memecah-mecah roti(perjamuan kudus).apakah orang fundamentalis juga melalukannya sekarang? terutama memecah-mecah roti?.ada juga ada tertulis hendaknya engkau setia dengan pengajaran kami baik yang tertulus maupun yang tak tertulis. mengapa mengacuhkan tradisi gereja?