Selasa, 02 April 2013

Selamat Memeringati Kematian dan Kebangkitan Yesus


Kematian Yesus Rabu sore, Kebangkitan Yesus awal minggu. Selamat Menjadi Ciptaan Baru!
Selamat Memeringati Kematian Yesus (4 April 2012) dan Kebangkitan Yesus (8 April)
kalau yang mau membaca tulisan yang lain,
dapat membaca terjemahan pak wit di sini:http://gkmin.net/download/gk%20yesus_mati_rabu.pdf.
Ringkasan kronologisnya, saya buat di sini:http://gkmin.net/download/gk%20yesus_mati_rabu_ringkasan_kronologi.pdf.
Logika kita: Kalo Yesus Jumat sore mati, bangkit minggu pagi, maka 3 hari (jumat, sabtu, minggu), 2 malam (malam sabtu dan malam minggu). Jadi berlawanan dengan 3 HARI DAN 3 MALAM. Kalo Rabu Sore jam 3 mati, dikubur kira2 antara jam 5-6 malam (jam 6 malam sudah masuk hari Kamis). Jadi gampangnya kita start 3 HARI 3 MALAM (Awal Kamis to Awal Jumat (1 hari 1 malam), Awal Jumat to Awal Sabtu (1 hari 1 malam), dan Awal Sabtu to Awal Minggu (1 hari 1 malam), jadi Total 3 hari dan 3 malam). Yesus bangkit kira2 antara jam 6 malam (udah masuk ke hari Minggu) sampe 12 malam. Murid2 melihat Kubur Yesus sudah kosong pagi2 dini hari di hari Minggu. So pastinya Yesus sudah bangkit BISA SAJA dari antara jam 6 sore-3 pagi. Perhitungan Kalender Yahudi jam 18.00 (jam 6 malam) itu awal HARI. Kalo hitungan jam kita 24.00 baru awal hari berikutnya. Semoga cukup JELAS. GBU.
Kunci lain tuk pemahaman ini adalah: ada 2 hari SABATnya, yaitu SABAT KAMIS (Yohanes 19:31) dan SABAT BIASA SABTU two kinds of Sabbath days—the normal weekly Sabbath day that falls on the seventh day of the week (not to be confused with Sunday, which is the first day of the week), and seven annual Sabbath days, listed in Leviticus 23 and mentioned in various passages throughout the Bible, that could fall on any day of the week. http://www.ucg.org/doctrinal-beliefs/jesus-wasnt-crucified-friday-or-resurrected-sunday/
Ringkasan Pak WIt:
Selasa:
Yesus Kristus makan roti Paskah bersama murid-muridNya (permulaan hari ke 14 bulan pertama [Nisan] menurut perhitungan Alkitab), dan mengadakan satu simbol Perjanjian Baru (Matius 26:26-28). Malam itu kemudian Dia dikhianati Yudas, dan pada malam itu juga dihadapkan kepada Imam besar.
Selasa siang adalah “hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi” (lihat Matius 26:17 dan Markus 14:12), dimana orang-orang sudah memulai “kegiatan” yaitu “MENYEMBELIH DOMBA PASKAH”.

Rabu:
Yesus disalibkan dan mati, kira-kira jam 3 sore (Matius 27:46-50). Ini adalah “hari persiapan” untuk menyambut serangkaian hari raya Sabat tahunan, bukan Sabat mingguan, yang dimulai ketika matahari tenggelam (Markus 15:42, Lukas 23:54, Yohanes 19:31). Mayat Yesus diletakkan ke dalam kubur sesaat sebelum matahari tenggelam (Matius 27:57-60).
Selasa malam- Rabu sore adalah HARI PASKAH (hari ke-14 – lihat Imamat 23:5).
Kamis: Ini adalah “hari besar” Sabat tahunan. Hari pertama perayaan Hari Raya Roti Tak Beragi. (Yohanes 19:31, Imamat 23:4-7). Ini disebut juga sebagai hari setelah “hari persiapan” (Matius 27:62).
Rabu malam – Kamis sore adalah hari pertama PERAYAAN hari raya Roti Tidak Beragi (hari ke-15 – lihat Imamat 23:6).

Jumat:
“Hari besar” Sabat sudah berlalu. Para wanita membeli dan menyiapkan rempah-rempah untuk mengurapi mayat Yesus, sebelum harus berhenti bekerja lagi untuk menghormati hari Sabat mingguan yang dimulai saat matahari tenggelam pada petang hari ini.

Sabtu:
Para wanita berhenti bekerja/beristirahat untuk menghormati hari Sabat mingguan seperti perintah hukum ke-4 (Lukas 23:56, Keluaran 20:8-11). Yesus bangkit menjelang petang, tepat hitungan 3 hari 3 malam (72 jam) setelah kematianNya, memenuhi “Tanda Yunus” yang dikatakanNya sendiri, dan memberi bukti yang sahih tentang ke-Mesias-anNya.

Minggu:
Para wanita membawa rempah-rempah yang telah disiapkan, pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap (Lukas 24:2-3, Yohanes 20:1). Yesus telah bangkit. (Matius 28:1-6; Markus 16:2-6; Lukas 23:2-3; Yohanes 20:1) Yesus tidak bangkit pada Minggu pagi, dia TELAH bangkit, yaitu petang hari sebelumnya.

diterjemahkan dan diedit dari: “Jesus Wasn’t Crucified on Friday – or Resurrected on Sunday!” dalam The Good News, A Magazine of Understanding, edisi March-April 2006.
Dengar kupasan Dr. Jusuf Bidjak Saleh tentang 3 Hari dan 3 Malam di http://www.tulang-elisa.org/mp3/M3513.mp3

Tidak ada komentar: